Rabu, 01 Februari 2012

Perubahan Cakra di anime Naruto


**ket gambar: contoh teknik dgn chakra berbasis api.

Perubahan Chakra (性質変化, Seishitsu Henka) adalah bentuk lanjutan dari kontrol chakra. Hal Ini memerlukan chakra yg berbasis sifat alam, dan mengubah sifat dan karakteristik dari chakra. Perubahan Chakra adalah salah satu dari dua hal yang diperlukan untuk menciptakan suatu teknik, yg satunya adalah perubahan bentuk. Beberapa Shinobi dapat menggunakan keduanya yaitu manipulasi bentuk dan manipulasi chakra.


  • [Elemen Dasar]
**ket gambar: diagram lingkaran kelemahan unsur yang berbeda. Searah jarum jam dari atas: Api, Angin, petir, Bumi, dan Air. Arah jarum jam menunjukkan elemen tertentu lebih kuat dgn elemen tertentu.

Ada lima tipe elemen dasar di mana sifat chakra dapat diubah, yang disebut Lima Elemen Perubahan Chakra (五大性質変化, Godai Seishitsu Henka). Kelima jenis ini juga disebut elemen dan tidak hanya asal-usul nama-nama Lima Negara Besar Shinobi, tetapi juga dasar dari semua ninjutsu Elemen. KeLima sifat dasar semua terhubung satu sama lain dalam suatu lingkaran, masing-masing lebih lemah dari satu dan lebih kuat dari yang lain. 

Unsur-unsur ini memungkinkan ninjutsu elemen yang akan dilakukan: 

- Api (火, Hi) basis cakra yg memungkinkan untuk menggunakan elemen Api (火遁, Katon), yang kuat melawan angin tapi lemah terhadap air. 
- Angin (風, Kaze) basis cakra yg memungkinkan untuk Elemen Angin (風遁, futon), yang kuat terhadap petir tapi lemah terhadap Api. 
- Petir (雷, Kaminari) basis cakra yg memungkinkan untuk menggunakan elemen petir (雷遁, Raiton), yang kuat terhadap tanah, tetapi lemah terhadap angin. 
- Tanah (土, Tsuchi) basis cakra yg memungkinkan untuk Elemen Tanah (土遁, Doton), yang kuat terhadap air tapi lemah terhadap Petir. 
- Air (水, Mizu) basis cakra memungkinkan untuk Penggunaan elemen Air (水遁, Suiton), yang kuat terhadap api tetapi lemah terhadap Tanah. 

Pada dasarnya, ini bekerja jika teknik unsur dilakukan pada tingkat yang sama, maka yang bersifat kuat, itulah teknik akan menang. Namun, suatu teknik dengan sifat lemah dapat mengalahkan teknik sifat lebih kuat jika teknik tersebut tingkatnya lebih tinggi, misalnya teknik yang hanya menggunakan elemen air tidak dapat memadamkan teknik api yg dicampur dgn elemen angin, seperti yang terlihat ketika Kakashi berusaha untuk memadamkan api Kakuzu yg dikombinasikan dan teknik elemen angin namun tidak berhasil, namun teknik tersebut dapat dipadamkan dgn teknik air yg dicampurkan dgn teknik angin.


  • [Menyeimbangkan]
Untuk hubungan antara sifat chakra, ada prinsip yang dikenal sebagai menyeimbangkan (相殺, Sosai). Prinsip ini menyatakan bahwa dua teknik dari sifat yang sama akan membatalkan satu sama lain jika jumlah chakra yg sama dimasukkan ke dalamnya. Sebagai contoh, dalam pertarungan Kakashi dengan Kakuzu, dia bisa membatalkan teknik elemen petir Kakuzu dengan membelokkannya dengan teknik raikiri. Namun, jika salah satu teknik memiliki chakra lebih besar, maka akan mengatasi teknik lainnya. Tidak hanya itu, tetapi teknik dgn chakra lebih kuat akan menyerap teknik yg lebih lemah, dan pengguna teknik dgn chakra lemah akan menerima kerusakan lebih, karena ia akan menerima 2 x serangan semula. Misalnya, dalam pertarungan Sasuke dengan Itachi, mereka berdua menggunakan katon: gokakyo no jutsu untuk menyerang, dan teknik Sasuke mulai memakan teknik Itachi karena sasuke memakai segel joutai-nya. Namun Itachi langsung menggunakan Amaterasu, Api tingkat tertinggi, yang menyerap semua api yg jika tidak akan mengenainya, dan amaterasu itachi pun malah tumbuh menjadi api hitam yg besar.


  • [Kecenderungan]
Secara umum, setiap orang memiliki chakra yang memiliki cenderung mengarah terhadap salah satu elemen, karakteristik ini tampaknya diwariskan secara genetik, karena suatu klan kadang-kadang punya elemen yang sama. Sebagian besar anggota klan Uchiha, misalnya, memiliki kecenderungan terhadap elemen Api. Untuk mengetahui elemen yg dimiliki seseorang, potongan kertas yang dibuat dari jenis pohon khusus (yang ditanam dan diberi makan dengan chakra) dapat digunakan yang akan bereaksi dgn chakra seseorang.

**ket gambar: Hasil chakra Kakashi yg kontak dengan kertas khusus: kertasnya menjadi keriput.

Reaksi chakra dgn kertas adalah sebagai berikut:
¤ Api: kertas akan terbakar dan berubah menjadi abu.
¤ Angin: kertas akan terbelah dua.
¤ Petir: kertas akan mengkerut.
¤ Bumi: kertas akan berubah menjadi kotoran dan ambruk.
¤ Air: kertas akan menjadi basah / lembab.

Kecenderungan sifat chakra ini membuat seseorang lebih mudah untuk belajar membuat dan mengendalikan sifat tersebut, meskipun dengan proses ini biasanya akan mencapai tahun-tahunan. Shinobi tidak terbatas pada sifat chakra yg mereka miliki. Meskipun Pada saat mereka mencapai peringkat Jonin, shinobi paling tidak menguasai dua elemen.

Karena kesulitan menguasai elemen dan waktu yang dibutuhkan untuk mempelajarinya sangat lama, hampir tidak mungkin bagi satu orang untuk menguasai semua lima elemen dasar melalui metode alami. Namun, mereka yang memiliki Rinnegan atau Bashosen dapat menggunakan semua kelima elemen, sementara itu Kakuzu bisa mendapatkannya dengan mencuri jantung orang lain. Dalam anime, Fuka dapat mencuri chakra lain. Di Naruto Shippuden 3: Interiors will of fire, dinyatakan bahwa orang yang menyerap lima kekkei genkai dengan Teknik Chimera akan mendapatkan penguasaan atas semua elemen dasar.


  • [Elemen Gabungan]

**ket gambar: hubungan antar unsur.

Selain lima jenis elemen dasar, ada beberapa elemen gabungan. Dengan menggunakan lebih dari satu elemen dasar secara bersamaan, seseorang dapat membuat elemen baru sifat yang unik, dan disebut sebagai "Elemen Gabungan". Melakukan hal ini memerlukan kemampuan khusus dan kemampuan tersebut jarang terlihat di luar sebuah kekkei genkai atau kekkei Tota. Sejauh ini, empat belas elemen gabungan telah ditunjukkan:

¤ Elemen Es (氷, Kori), digunakan oleh Haku dan klan Yuki, diciptakan dengan elemen Air dan angin. Elemen ini memungkinkan untuk penggunaan ninjutsu Elemen Es (氷遁, Hyoton). Elemen ini Digunakan melalui Kekkei Genkai.
Ninja Yukigakure mampu menggunakan berbagai jenis Elemen Es, dengan membuat teknik dgn es atau salju yang sudah ada. Tapi Ini bukan Genkai kekkei, karena terlihat Kakashi bisa menirukan salah satu teknik ini dengan Sharingan. Hal ini mungkin kesalahan, karena dulu Kekkei Genkai klan Yuki tidak pernah disebut sebagai "Elemen Es", dan juga rincian Perubahan Chakra belum terkuak, memungkinkan pencipta Naruto Movie : Ninja Clash in snowland untuk "menciptakan" elemen "baru". Selain itu, teknik es Haku itu memiliki efek yang tidak biasa, jenis elemen Es berfokus pada efek yang jelas lebih dari es, seperti titik beku.
¤ Elemen Kayu (木, Ki), digunakan oleh Hashirama Senju, Yamato, Danzo Shimura, Madara Uchiha dan Zetsu, diciptakan dgn menggabungkan elemen tanah dan Air. Elemen ini memungkinkan untuk penggunaan ninjutsu elemen Kayu (木遁, Mokuton). Digunakan melalui Kekkei Genkai.
¤ Elemen Lava (溶岩, Yogan), digunakan oleh Son Goku dan jinchuriki-nya Roshi, serta Mei Terumi, Kurotsuchi dan Dodai, diciptakan dgn menggabungkan elemen Api dan Tanah. Sifat ini memungkinkan untuk penggunaan Ninjutsu elemen Lava (熔遁; 溶遁,, Yoton). Yonbi dan Roshi menggunakannya melalui Keterampilan Bijuu, sedangkan Mei, Kurotsuchi dan Dodai menggunakannya melalui Genkai kekkei.
Hal ini tersirat bahwa dua cara penulisan elemen in (熔遁; 溶遁) yang menunjukkan bahwa mereka dibuat dgn cara berbeda. Mereka diaktifkan sekitar dan berganti-ganti pada seluruh plot, dengan karakter Iwagakure dan Kumogakure menggunakan kanji "熔" dan karakter Kirigakure menggunakan kanji "溶". Namun, tujuan sebenarnya dari perbedaan ini tidak diketahui.

  • Elemen Crystal (結晶, Kessho), digunakan oleh Guren, yang mungkin dibuat dgn menggabungkan elemen Bumi dan elemen lain yang tidak diketahui. Elemen ini memungkinkan untuk penggunaan ninjutsu Elemen Crystal (晶遁, Shoton).
  • Elemen Bara (炎, Hono), yang digunakan oleh Uchiha Sasuke, berasal dari api Amaterasu dan memungkinkan penggunaan Ninjutsu Elemen Bara (炎遁, Enron). Tidak diketahui apa yang elemen penyusunnya.
  • Elemen Badai (嵐,, Arashi), digunakan oleh Darui dan dicuri oleh Hiruko, diciptakan dgn menggabungkan sifat Petir dan Air. Sifat ini memungkinkan untuk penggunaan ninjutsu elemen badai

  •  (嵐遁, Ranton). Digunakan melalui Kekkei Genkai.
  • Sangat mungkin bahwa dua pengguna yang menggunakan berbagai jenis elemen ini, seperti Hiruko karakter yg hanya terlihat di Naruto Shippuden 3, dan Darui yg belum diperkenalkan pada waktu itu. Ada juga perbedaan yang signifikan antara teknik alam yg mereka gunakan

  • Elemen Didih (沸騰, Futto), digunakan oleh Mei Terumi, diciptakan dgn menggabungkan elemen Air dan Api. Elemen ini memungkinkan penggunaan ninjutsu Elemen Didih (沸遁, Futton). Digunakan melalui Kekkei Genkai.
  • Elemen Debu (塵, Chiri), digunakan oleh Onoki dan Mu, yang diciptakan dgn menggabungkan Elemen Api, Tanah dan angin. Sifat ini memungkinkan untuk penggunaan ninjutsu Elemen Debu (塵遁, Jinton). Digunakan melalui Kekkei Tota.
  • Elemen Kegelapan (冥暗 Meian), dicuri oleh Hiruko, memungkinkan penggunaan ninjutsu elemen Gelap (冥遁, Meiton). Tidak diketahui apa unsur penyusunnya. Digunakan melalui Genkai kekkei. (Movie saja)
  • Elemen Besi (鋼, Hagane), dicuri oleh Hiruko, memungkinkan penggunaan ninjutsu elemen besi (鋼遁, Koton). Tidak diketahui apa unsur penyusunnya. Digunakan melalui Genkai kekkei. (Movie saja)
  • Elemen Cepat  (迅速, Jinsoku), dicuri oleh Hiruko, memungkinkan penggunaan ninjutsu elemen Swift (迅遁 Jinton). Tidak diketahui apa unsur penyusunnya. Digunakan melalui Kekkei Genkai. (Movie saja)
  • Elemen Ledakan (爆発, Bakuhatsu), digunakan oleh Gari dan Deidara, memungkinkan untuk penggunaan ninjutsu elemen Ledakan (爆遁, Bakuton). Tidak diketahui apa unsur penyusunnya. Digunakan melalui Kekkei Genkai.
  • Elemen Panas (灼熱, Shakunetsu), digunakan oleh Pakura, memungkinkan untuk penggunaan ninjutsu elemen panas (灼遁, Shakuton). Tidak diketahui apa unsur penyusunnya. Digunakan melalui Kekkei Genkai.
  • Elemen Magnet (磁力, Jiryoku), digunakan oleh Toroi, Kazekage Ketiga dan Kazekage Keempat, memungkinkan untuk penggunaan ninjutsu elemen Magnet (磁遁, Jiton). Tidak diketahui apa unsur penyusunnya. Digunakan melalui Kekkei Genkai.

  • [Menggabungkan dengan Perubahan Bentuk]
jika perubahan sifat chakra mengubah sifat sebenarnya dari chakra, perubahan bentuk memungkinkan ninja untuk mengubah bentuk yang sebenarnya dan tindakan chakra, mengubah kemampuannya. Karena itu, teknik seperti Rasengan dapat diubah menjadi Fuuton: Rasengan atau Fuuton: Rasenshuriken, karena Elemen Angin yang bergabung dengan gerakan chakra. Sifat chakra angin yg pemotong digunakan dalam bentuk jutaan pisau sangat kecil dalam formasi spiral, menghasilkan teknik yg jauh lebih kuat, seperti yang terlihat ketika digunakan untuk melawan Kakuzu.


  • [Yin dan Yang]
Selain dari lima unsur dasar dari perubahan sifat chakra ke elemen, ada juga jenis keenam yaitu: Yin (陰, Dalam), dasar imajinasi dan energi spiritual, digunakan untuk melakukan Elemen Yin (陰遁, Inton), dan Yang (陽, yo), dasar dari vitalitas dan energi fisik, digunakan untuk melakukan Elemen Yang (陽遁, Yoton). Jika digunakan Bersama-sama, keduanya akan membuat elemen Yin-Yang (陰陽遁, Onmyoton). Yamato menyiratkan bahwa Yin dan Yang adalah sumber teknik non-unsur seperti Kagebunshin, Bouka no jutsu, shosen no jutsu, genjutsu, dll. Perubahan dari Yin dan Yang tampaknya harus dilakukan dengan mengubah jumlah dan keseimbangan antara energi spiritual dan fisik pada chakra. Seperti yang dijelaskan oleh Shikamaru Nara, roh cacing Tayuya adalah bentuk energi spiritual yang hanya memiliki sejumlah kecil dari energi fisik, sehingga mereka membutuhkan stabilitas dan makanan berupa energi fisik. Shikamaru juga menyebutkan bahwa Tayuya adalah jenis ninja yg sama dgnnya, bisa menggunakan jenis seperti "cakra khusus" dalam pertempuran, mendukung keyakinan bahwa teknik bayangan klan Nara berbasis juga pada Yin dan Yang.


  • [Trivia]
- Konsep perubahan chakra ke elemen alam sama dengan seni kehidupan nyata, Onmyodo (陰陽道; Secara harfiah berarti "Jalan dari Yin dan Yang"), yang merupakan campuran dari ilmu alam dan okultisme. Ini sebagian besar adakan fitur Wu Xing pada Yin dan Yang.
 ‎- Teknik seperti Gamayudan dan Doku Kiri menyebutkan "mengubah" atau "memutar" chakra menjadi bahan atau zat, tetapi tidak pernah disebutkan untuk menggunakan sifat chakra tertentu. Juga, mereka tidak bisa menjadi elemen gabungan karena merujuk pada fakta bahwa teknik itu dapat dilakukan siapapun, dan karena itu tidak dapat disebut kekkei genkai.
- Teknik tertentu lainnya yang terlibat dalam memanipulasi zat juga sering membingungkan untuk menjadi elemen chakra atau tidak, seperti sutra, tulang, dan tinta. Namun, zat ini tidak dapat diproduksi dari chakra sendiri, yang berarti chakra tidak merubah sifatnya menjadi elemen, dan perubahan sifat tidak digunakan untuk mengubah zat yang sudah ada.
- Beberapa sifat, seperti elemen ledakan dan Magnet, tidak diturunkan menjadi elemen sampai chapter-chapter di perang dunia ninja ke empat menjadikan teknik deidara dan kazekage ketiga rancu dgn elemen tanah.
- Pasir Shukaku dan Gaara adalah kemampuan manipulasi yg sering dispekulasi sebagai sifat chakra. Karena kekuatan Shukaku atas angin dan Gaara dapat menggunakan pasir Shukaku untuk memanipulasi tanah di dekatnya ke dalam bentuk pasir, banyak yg beranggapan itu adalah kombinasi dari sifat angin dan Bumi. Namun, tidak pernah disebutkan ada "Elemen Pasir" , dan hanya diketahui bahwa Shukaku yg memiliki kemampuan untuk menanamkan pasir dengan chakra untuk dimanipulasi.
- Cermin Yata itu dikatakan dijiwai dengan semua perubahan chakra untuk mengubah karakteristik sendiri untuk menangkis setiap serangan.                                                                                                              


sumber

0 komentar:

Posting Komentar

NARUTO © 2008 Template by:
SkinCorner